Mata Hati untuk Sejuta Jiwa Somalia

    2
    180

    ManusiaMasaKini – Sebagai makhluk fana tentu saja kita hidup saling bergantung dengan makhluk lainnya. Karena saling menolong akan membuat hidup jauh lebih indah dan damai. Terlebih berbagi rejeki, tentu bukan hal yang sulit untuk dilakukan, sekalipun bukan uang yang harus kita bagi.

    Bencana alam memang bukan hanya badai Tsunami ataupun gempa bumi hingga gunung meletus. Namun, cuaca ekstrim juga bisa menjadi bencana tak kala mengakibatkan korban jiwa melayang.

    Negara – Negara di Afrika kini tengah dilanda fenomina El Nino, yakni suatu keadaan dimana suhu panas di permukaan air laut Pasifik bagian timur mengalami peningkatan secara global. Hal ini tentu saja menyebabkan terjadinya kekeringan di wilayah Afrika Timur dan Afrika Selatan.

            source : andrewholbrooke[dot]com

    Dalam dua tahun terakhir, kekeringan yang terjadi di Afrika Selatan semakin parah. Salah satunya, kekeringan yang melanda Somalia salah satu Negara bagian Afrika itu. Bahkan sejak awal tahun 2017 ini, puluhan jiwa melayang setiap harinya akibat dehidrasi dan gizi buruk. Bahkan angkanya mencapai ratusan orang tewas hanya dalam kurun waktu 48 jam karena kelaparan. Kondisi ini diperburuk dengan konflik bersenjata yang telah terjadi sejak tahun 1988 dan telah menewaskan ratusan ribu jiwa.

    Kekeringan mengakibatkan kematian hewan ternak dan juga produksi pertanian gagal total di Somalia. Inilah yang mengakibatkan kelaparan terjadi di Negara yang terletak di ujung Afrika ini. Bahkan, sumur, sungai dan mata air juga tidak bisa lagi diharapkan airnya karena telah mongering. Tentu saja ini membuat para penduduk Somalia yang kesulitan air terjangkit penyakit diare karena sanitasi yang buruk. Kekeringan ini juga sedikitnya telah membuat nyawa dari 50 ribu anak berada pada ujung kematian karena malnutrisi parah. Pemerintah setempat telah menyatakan kondisi kekeringan ini sebagai bencana nasional.

    Keadaan yang amat miris inilah yang mengakibatkan penduduk Somalia terpaksa mengemis bantuan darurat telebih pangan dan air bersih kepada seluruh penduduk dunia. Untuk itu kepedulian sesama makhluk fana sangat dibutukan. Karena jutaan nyawa penduduk Somalia saat ini tengah terancam dan sangat membutuhkan bantuan kemanusiaan dari penduduk dari seluruh dunia.

    Untuk itu Manusia Masa Kini mengajak pembaca untuk saling menolong dengan menyalurkan bantuan bersama Organisasi Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT). Para pembaca bisa berdonasi bukan hanya untuk Somalia tetapi untuk jutaan manusia yang tengah dilanda krisis kemanusian di seluruh dunia melalui organisasi ini.

    Mari sulurkan tangan untuk saling menolong dan menebar kebaikan bagi seluruh manusia di dunia melalui :

    -BNI/ BNI SYARIAH 66 00000 120
    -Bank Syariah Mandiri 777 778 9777
    -Bank mandiri 128 000 4793136
    -Atas nama YAYASAN AKSI CEPAT TANGGAP (ACT)